Sport

Tim 3×3 Putra Jatim Incar Juara Grup

Para pemain basket 3×3 Jawa Timur mencoba menghalangi pergerakan pemain-pemain Jawa Tengah. Pada hari pertama (12/10), Jatim menang 21-15 dari Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan (19-16) di GOR Basket Mimika Sport Complex. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Jawa Timur mengawali kampanye di cabang olahraga (cabor) basket 3×3 Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua putra dengan apik. Jatim menang 21-15 dari Jawa Tengah dan menundukkan Sulawesi Selatan dengan skor akhir 19-16 di GOR Basket Mimika Sport Complex (12/10). Hasil ini membuat Jatim mengincar posisi juara Grup A, agar bisa langsung masuk ke semifinal.

Saat melawan Jateng, para pemain Jatim tampil tegang. Sebab, di lima menit pertama, akurasi tembakan jarak jauh Jateng menemui sasaran. Mereka bisa memasukkan enam kali tembakan dua poin. Beruntung, pemain-pemain Jatim bisa keluar dari tekanan setelah perlahan menyusul.

Pemain Jatim, Naja Nazzala Hidayat mencetak 13 poin, termasuk lima kali memasukkan tembakan dua poin. Sementara Widyanta Putra Teja menghasilkan lima poin. Padre dan Felix masing-masing menyumbang satu poin. “Sempat tegang juga di pertandingan pertama. Mereka bagus dengan tembakan jarak jauh. Tapi kami berhasil keluar dari tekanan,” kata Widi, sapaan Widyanta Putra Teja, setelah pertandingan pertama.

Di pertandingan kedua, Jatim meladeni Sulsel yang sebelumnya menang melawan Papua dengan skor 16-14. Sehingga pertandingan antara Jatim dan Sulsel bisa dikatakan sebagai laga penentuan.

Widi membuka pertandingan dengan tembakan dua poin. Pemain yang membela West Bandits Solo di IBL tersebut mencetak tujuh poin dengan tiga kali tembakan dua angka di lima menit pertama. Namun, Sulsel mencoba bangkit. Bahkan, situasi masih belum aman bagi Jatim di detik-detik terakhir. Sebab, Sulsel masih berupaya mengejar.

Akhirnya Jatim bisa menutup laga dengan kemenangan, 19-16. Lewat hasil ini, Jatim berpeluang besar lolos ke semifinal. “Ini memang target kami. Menang dua game di hari pertama. Kami mengincar kemenangan ketiga agar langsung lolos ke babak semifinal,” kata Widi, usai mengalahkan Sulsel.

Untuk babak penyisihan di cabor 3×3, setiap grup berisi empat tim. Tim yang menempati peringkat pertama atau juara grup langsung lolos ke semifinal. Sementara peringkat dua dan tiga akan bertanding lagi di babak perempat final. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top