Sport

Pincang di Semifinal, Jatim Optimistis Tundukkan Aceh

Pemain sepakbola Jawa Timur Mohammad Krisna Septiawan diharapkan mampu merepotkan pertahanan Aceh ketika bertanding pada babak semifinal PON XX/2021 Papua. Kedua tim akan bentrok di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, sore nanti. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Kekuatan tim sepakbola Jawa Timur tereduksi untuk laga semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Mereka tidak dapat menurunkan komposisi pemain terbaik saat menghadapi Aceh di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, sore nanti.

Jatim dan Aceh sebenarnya sudah pernah bentrok. Namun saat itu statusnya laga ujicoba. Hasilnya, Jatim mampu menang telak dengan skor 4-0 di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, 20 Agustus lalu. Meski pernah menang meyakinkan, Dimas Sukarno Putra dkk pantang jemawa.

“Karena hasil laga ujicoba itu bukan jaminan untuk kami bisa menang dengan mudah,” kata pelatih tim sepakbola Jatim Rudy William Keltjes. Target Rudy memang membawa Jatim menuju final.

Menurutnya, Aceh punya kelebihan. Mulai dari waktu recovery yang lebih lama, tiga hari. Bandingkan dengan Jatim yang hanya punya jeda satu hari. Itu pun kemarin pemain tidak melakukan latihan. Hanya berendam dengan air dingin. Tujuannya, untuk mengembalikan kondisi fisik.

Kelebihan Aceh lainnya adalah akan melawan Jatim yang tidak bisa tampil full team. Kiper utama Dicki Agung dipastikan menepi. Lututnya masih memar. Posisinya akan digantikan oleh Eko Saputro. Selain itu, gelandang Rizky Aprilyanto juga absen akibat akumulasi kartu. Beruntung, beberapa pemain kunci dalam kondisi fit. Sebut saja wakil kapten M. Ibnu Hajar dan striker M. Faisol Yunus. Keduanya cuma bermain 14 menit dalam laga kontra Jawa Barat (10/10).

Dengan begitu, mereka siap habis-habisan dalam laga nanti sore. Rudy memang sengaja menyimpan keduanya untuk laga semifinal. “Jadi nanti di semifinal kami sudah maksimal. Saya tidak mau coba-coba pemain. Bagi saya, semifinal adalah final. Kami harus menang,” tegas pelatih yang juga legenda Persebaya Surabaya tersebut.

Striker Jatim M. Faisol Yunus mengaku rekan-rekannya dalam kondisi bagus. Meski hanya ada waktu satu hari untuk istirahat, semua pemain sudah sangat siap tempur. “Kami (Jatim) boleh saja punya waktu istirahat yang sedikit. Tapi teman-teman akan tetap fight dan fokus selama di lapangan,” kata pemain yang kini sudah mengemas enam gol itu. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top