Sport

Aulia Kalah di Semifinal, Tarung Derajat Jatim Hanya Gondol Perunggu

Erwin H. Poedjono, Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim menenangkan Aulia Nurdini yang kalah pada babak semifinal tarung derajat PON X/2021 Papua di depan pintu masuk GSG Eme Neme Youware, Kabupaten Mimika (11/10) siang. (Fajar Kristanto/Taktik.id)

Taktik.id – Jawa Timur hanya mampu meraih medali perunggu pada cabang olahraga (cabor) tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Satu-satunya wakil Jatim yang tersisa, Aulia Nurdini kalah dari I Ageng Rizki Ariani (Kalimantan Barat). Turun di babak semifinal kelas 58,1-62 kg, Aulia takluk 0-3 pada pertarungan di GSG Eme Neme Youware, Kabupaten Mimika (11/10) siang.

Aulia yang merupakan peraih medali perak pada PON XIX/2016 Jawa Barat tidak banyak memberikan perlawanan kepada I Ageng Rizki sejak ronde pertama. Aulia menerima banyak pukulan dan tendangan dari lawan. Di sisi lain, I Ageng Rizki mampu menembus pertahanan Aulia.

Begitu pertarungan berakhir, perhitungan poin menunjukkan jika I Ageng Rizki lebih unggul ketimbang Aulia. Wasit pun memenangkan I Ageng Rizki dengan angka 3-0. Meski kalah, Aulia tetap mendapat medali perunggu. Alhasil, tarung derajat Jatim gagal memenuhi target menggondol dua medali emas dari PON Papua.

Pencapaian ini memperlihatkan adanya penurunan prestasi ketimbang PON XIX/2016 Jawa Barat lalu. Saat itu, Jatim mampu membawa pulang 1 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu. Kala itu, beberapa petarung yang diandalkan di PON kali ini menyumbangkan medali.

Maki Mubarok yang turun di kelas 52,1-55kg merupakan peraih medali perunggu PON 2016. Namun harus kalah dari petarung Nusa Tenggara Barat, Yoseph Amoreus di babak awal. Kemudian ada Cahyo Haryo Prakoso petarung kelas 75,1-80kg yang juga meraih perunggu PON 2016 turut kandas di babak awal dari wakil Aceh, Ifrahan Muawal.

Petarung lain yang digadang-gadang mampu memberikan perlawanan seperti Bima Putra Pamungkas (64,1-67kg) dan Nuggy Rezzaindi Yoansa (67,1-70kg) juga takluk di babak awal. Jejak petarung putra juga diikuti di kategori putri. Dimana Rismianty Amelia yang menggondol perunggu di PON lalu. Hanya saja, dia dikalahkan Vinka Widyaningrum petarung Jawa Tengah di kelas 45,1-50kg. Sementara itu, Aulia gagal mengulangi prestasi meraih medali perak di PON edisi sebelumnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top