Sport

Nangkring di Posisi Kedua, Peluang Jatim Juara Umum PON XX Terjaga

Ketua Umum KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung (kiri) menyerahkan bonus mentas kepada perenang Jatim Nurul Fajar Fitriyati (tengah) yang meraih medali emas dari nomor 200m backstroke women. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Saling sikut peringkat klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua semakin sengit. Jawa Timur masih berpeluang merebut puncak klasemen medali PON 2021 yang diduduki Jawa Barat. Jatim sendiri berhasil mendongkel DKI Jakarta dari peringkat kedua.

Hingga pagi ini (10/10), Jabar telah mengumpulkan 78 emas, 65 perak dan 72 perunggu. Sedangkan Jatim di peringkat kedua dengan 68 emas, 61 perak dan 52 perunggu. Jatim unggul tipis atas Jakarta melalui perolehan medali perak dan perunggu. Jakarta mengoleskai 68 emas, 54 perak, dan 70 perunggu.

Jatim dan Jakarta yang perburuan medali sebelumnya relatif seimbang, kembali terlibat persaingan dengan sama-sama menambah sembilan medali emas. Perolehan kedua provinsi itu masih belum mampu menyaingi Jabar. Tanah Legenda tersebut mendapat tambahan 13 medali emas dari sejumlah cabang olahraga (cabor). Antara lain dayung yang merebut medali emas nomor perahu tradisional 1.000 meter baik putra maupun putri.

Belum lagi sumbangan medali dari cabor atletik. Pelari nasional Agus Prayogo mempersembahkan medali emas untuk Jabar dengan menjuarai lomba maraton putra. Pada jalan cepat putra, Jabar menguasai arena setelah Hendro yang juga atlet nasional menjadi kampiun. Sementara itu, pundi-pundi medali Jatim selain berasal dari panahan juga dipersembahkan bulu tangkis.

Sedangkan tuan rumah Papua terus berusaha meramaikan persaingan perolehan medali. Bumi Cenderawasih tak pernah terlempar dari posisi empat besar. Kemarin, Papua mendapat tambahan enam medali emas. Kini mereka berada di peringkat empat dengan koleksi 59 medali emas, 32 perak dan 59 perunggu. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top