Sport

Menang, Nasib Jatim ke Semifinal Tergantung Kaltim vs Papua

Pemain tim bola tangan putri Jawa Timur Zulvia Armelia Hanum (2) mencoba memberi tekanan ke gawang Papua pada laga kedua babak penyisihan grup A PON XX/2021 Papua. Jatim mengalahkan tuan rumah Papua dengan skor 12-11 di GOR Futsal SP 2 Mimika (10/10) sore. (PB PON XX/2021 Papua)

Taktik.id – Kemenangan akhirnya diraih tim bola tangan putri Jawa Timur pada laga kedua babak penyisihan grup A di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Jatim punya peluang lolos ke semifinal. Hanya saja, nasib mereka bergantung pada pertandingan lain.

Jatim mengalahkan tuan rumah Papua dengan skor 12-11 di GOR Futsal SP 2 Mimika (10/10) sore. Jatim tidak punya pilihan lain. Menang atau pulang. Ternyata motivasi tersebut membawa mereka unggul 10-4 di babak pertama. Sayangnya, di babak kedua Jatim hampir tersusul.

Pasalnya, Papua bisa menambah tujuh gol. Sementara Jatim hanya dua gol saja. Beruntung saat akhir laga, Jatim bisa menang. Pelatih tim bola tangan putri Jatim Sugeng Tri Atmojo mengakui jika permainan anak asuhnya sempat kehilangan fokus.

“Anak-anak di babak pertama bermain ngeyel. Ini bagus karena kami bisa unggul. Tapi di babak kedua, euforia justru menurunkan fokus pemain,” ungkap Sugeng usai laga. “Sedikit meremehkan lawan. Itu yang terjadi di babak kedua. Malah kami hampir kecolongan dari tuan rumah, karena konsentrasi menurun,” imbuhnya.

Sugeng menyatakan kemenangan ini sebenarnya penting bagi Jatim. Namun, ternyata menang saja tidak cukup. Seharusnya mereka menang dengan banyak gol untuk mengantisipasi penghitungan selisih gol di klasemen akhir. “Untuk yang pertama dihitung head-to-head,” jelasnya.

“Kalau sama, maka akan dihitung dari selisih gol. Kalau dilihat di atas kertas, dengan materi yang mumpuni, seharusnya Kaltim bisa menang mudah. Namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di lapangan besok,” tambah Sugeng.

Saat ini Jatim ada di urutan kedua dengan sekali menang dan sekali kalah. Besok, Kaltim akan bertanding melawan Papua. Kalau Kaltim menang, Jatim otomatis lolos ke semifinal. Tapi kalau sebaliknya yang terjadi, Papua menang, maka akan ada penghitungan klasemen untuk menentukan siapa yang lolos ke fase berikutnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top