Sport

Jatim Incar Status Juara Grup

Penyerang M. Faisol Yunus akan menjadi andalan Jawa Timur untuk membobol gawang Jawa Barat pada laga pamungkas babak enam besar grup E di Stadion Barnabas Youwe, Jayapura, sore nanti. Faisol sendiri merupakan top skor Jatim dengan torehan lima gol. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Hanya dengan tambahan satu poin dapat mengantarkan Jawa Timur ke babak semifinal cabang olahraga (cabor) sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Dimas Sukarno Putra dkk. memburu poin terakhir di laga pamungkas babak enam besar grup E melawan Jawa Barat.

Sebelumnya, Jatim memetik kemenangan 5-1 atas Kalimantan Timur (8/10). Hasil itu membuat Jatim berada di puncak grup E dengan torehan tiga angka. Capaian ini menjadi modal berharga untuk meladeni juru kunci, Jabar, di Stadion Barnabas Youwe, Jayapura, sore nanti.

Pelatih tim sepakbola Jatim Rudy William Keltjes ogah main aman. Memang, hanya dengan meraih hasil imbang sudah dapat memastikan satu tempat di semifinal. Meski kalah pun, Jatim tetap bisa lolos ke empat besar. Asal, tidak kalah dengan margin lebih dari lima gol.

Rudy menegaskan tetap ingin Jatim lolos dengan status juara grup. Praktis, dia memastikan timnya bakal habis-habisan menghadapi Jabar. “Anak-anak harus menang. Saya pelatih yang haus menang. Kalau kalah buat apa? Main ya harus menang,” tegas pelatih 69 tahun tersebut.

Hanya, dia memastikan ada sedikit rotasi. Dia ingin memberi kesempatan kepada pemain lain. Meski ada rotasi, Rudy tidak grogi. “Pemain yang saya turunkan tidak akan sama dengan saat menang lawan Kaltim. Pasti beda,” terangnya.

“Karena 20 pemain yang saya bawa ke Jayapura ini punya kualitas yang sama. Meski komposisi berbeda, kualitas main akan tetap bagus,” tambah pelatih kelahiran Situbondo tersebut.

Posisi kiper kemungkinan dirotasi. Sebab, kiper utama Dicki Agung masih dibekap cedera lutut. Posisinya akan digantikan Eko Saputro. Kehilangan Dicki sebenarnya cukup berat. Sebab, dia belum pernah kebobolan sama sekali. “Tapi Eko ini juga punya kualitas bagus kok,” jelas Rudy.

Sementara untuk sektor penyerangan, M. Faisol Yunus kemungkinan masih jadi tumpuan. Pemain asli Jember itu sejauh ini tampil memukau dengan torehan lima gol dari empat laga. Dia hanya kalah dari striker Papua Ricky Ricardo Cawor yang sudah mengemas tujuh gol.

“Tapi saya minta dia (Faisol) agar tetap konsisten. Kendala pemain muda adalah konsistensi. Kadang bagus, kadang drop. Jadi harus dijaga benar,” pungkas pelatih sarat pengalaman sepakbola tanah air tersebut.

Sementara itu, Faisol mengaku tidak terlalu berambisi mengejar gelar top skor PON Papua. Dia hanya ingin menyumbangkan medali emas bagi tim sepakbola Jatim. “Karena bagi saya yang penting adalah tim ini (Jatim) bisa menang, menang, dan menang,” tegasnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top