Sport

Dua Pemain Pengganti Kunci Kemenangan Jatim Atas Jabar

Pemain belakang Jawa Timur Dimas Sukarno Putra (4) berduel dengan pemain Jawa Barat pada laga terakhir babak enam besar grup E di Stadion Barnabas Youwe, Jayapura sore tadi. Jatim melaju ke semifinal PON XX/2021 Papua setelah mengalahkan Jabar dengan skor 2-0. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Tiket ke semifinal cabang olahraga (cabor) sepakbola resmi dikunci Jawa Timur. Mereka menuntaskan babak enam besar grup E dengan kemenangan. Dua gol Jatim mengakhiri perlawanan Jawa Barat di Stadion Barnabas Youwe, Jayapura sore tadi. Dua pemain pengganti yang turun di babak kedua sama-sama menyumbangkan gol bagi Jatim.

Jatim sempat kesulitan di babak pertama karena tampil tanpa beberapa pemain kunci. Hal ini karena sebenarnya hanya dengan meraih hasil imbang, Jatim dipastikan lolos. Sebab, di laga sebelumnya, mereka menang 5-1 atas Kalimantan Timur (8/10). Alhasil, skor bertahan tanpa gol.

Usai turun minum, Jatim dihukum tendangan penalti pada menit ke-48. Beruntung, eksekusi Pian Hadiansyah mampu ditepis oleh kiper Eko Saputro. Tak lama kemudian, Jatim merespon dengan menurunkan M. Krisna Setiawan dan M. Faisol Yunus. Baru dua menit di lapangan, Krisna mencetak gol pembuka bagi Jatim. Faisol Yunus lalu menggandakan keunggulan pada menit (83).

Pelatih tim sepakbola Jatim Rudy William Keltjes melihat permainan anak asuhnya berubah setelah masuknya pemain kunci. Dia juga menjelaskan alasan mengistirahatkan pemain intinya. Selain winger Krisna dan top skor tim Faisol, ada wakil kapten Ibnu Hajar yang berada di bangku cadangan.

“Karena dua hari lagi kami harus sudah bermain di semifinal. Kalau pemain kunci kami mainkan sejak awal, pasti kelelahan. Makanya saya beri menit bermain yang sedikit,” kata pelatih 69 tahun itu. “Saya senang anak-anak berjuang dengan maksimal,” tambahnya.

Rudy tahu kalau anak asuhnya hanya punya waktu satu hari untuk melakukan recovery. Dengan begitu, dia berharap pemain kunci seperti Faisol bisa fit di empat besar. “Tidak masalah. Itu urusan saya untuk mengembalikan kondisi fisik anak-anak,” jelas legenda Persebaya Surabaya tersebut. “Jadi saat semifinal skuad sudah full team,” pungkasnya.

Di semifinal nanti, Jatim akan menghadapi Aceh. Laga akan berlangsung di Stadion Barnabas Youwe, (12/10) sore. Sementara tuan rumah Papua meladeni Kaltim. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top