Sport

Basket Putri Gondol Emas, Putra Raih Perunggu

Ekspresi kegembiraan para pemain Jawa Timur usai memastikan meraih medali emas cabor basket 5 x 5 putri PON XX/2021 Papua dengan mengalahkan Bali pada laga final di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10) sore. Tim putri Jatim juga mencatatkan rekor tak terkalahkan sepanjang PON kali ini. (PB PON XX/2021 PAPUA)

Taktik.id – Tim basket Jawa Timur membawa pulang medali emas dan perunggu pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Medali emas diperoleh dari kategori putri setelah mengalahkan Bali pada partai final dengan skor 56-37 di Mimika Sports Complex (9/10) sore. Beberapa jam sebelumnya, tim putra Jatim memastikan medali perunggu usai menang 63-55 atas Jawa Tengah.

Pelatih tim basket putra Jatim Kencana Wukir menjelaskan kunci kemenangan dapat diraih karena anak asuhnya tampil tenang. Karena bermain tenang itulah semua strategi yang sudah dirancangnya bisa diaplikasi dengan baik dalam permainan.

“Hari ini mereka bermain bagus dan tenang, sehingga semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Kalau ada sedikit kesalahan itu wajar, tapi intinya tidak merusak permainan,” ujarnya.

Medali perunggu cabor basket PON XX/2021 Papua kategori putra menjadi milik Jawa Timur setelah mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 63-55 di Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10) siang. (PB PON XX/2021 PAPUA)

Dia juga bersyukur karena masih bisa mempertahankan tradisi medali. Meski gagal kembali menginjakkan kaki ke final. Pada PON XIX/2016 Jawa Barat, Jatim berhasil masuk final. Namun mereka kalah dari tuan rumah, sehingga hanya mendapatkan medali perak.

“Secara daftar pemain, kami memang di bawah tim Jatim di PON edisi sebelumnya. Memang kalau dulu bisa sampai final, sudah sewajarnya. Tetapi kalau sekarang, saya lebih menyoroti pada perjuangan para pemain. Selama di PON ini mereka sudah bermain luar biasa. Saya apresiasi perjuangan mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, tim putri basket Jatim tak hanya berhasil mewujudkan target medali emas. Mereka bahkan mencetak rekor sempurna di PON 2021. Sapu bersih semua laga. Alias tak terkalahkan. Selain itu, prestasi ini menjadi peningkatan ketimbang PON 2016 yang hanya mendapatkan medali perunggu.

“Mungkin rasanya sudah lama sekali tidak pernah meraih medali emas, sepertinya sejak tahun 1996,” ungkap Lena, pelatih tim putri Jatim.

“Final itu bukan hanya soal strategi saja. Mental juga jadi faktor utama. Para pemain punya mental yang bagus, sehingga kami bisa juara. Kami menyiapkan tim ini sudah lama. Kami membuktikan bahwa persiapan yang kami lakukan tidak sia-sia,” sambungnya.

Medali emas cabor basket kategori putra menjadi milik DKI Jakarta yang mengalahkan Sulawesi Utara dengan skor 72-57. Sulut sendiri berhak atas medali perak. Di sisi lain, terjadi kejutan pada kategori putri. Jawa Tengah yang meraih medali emas PON 2016, justru tersingkir di babak penyisihan. Sementara medali perunggu menjadi milik tim putri Jakarta yang merupakan finalis PON sebelumnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top