Sport

Selam Jatim Kembali Sumbang Medali Emas

Atlet Jawa Timur Angeline Soegianto, peraih medali emas selam 50m surface putri PON XX/2021 Papua, bersama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak didampingi istri, Arumi Bachsin beserta Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung dan Wakil Ketua KONI Jatim M. Ali Afandi di Arena Akuatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura (6/10). (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Tiga medali emas kembali diraih kontingen Jawa Timur yang turun di cabang olahraga (cabor) selam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Prestasi apik itu disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak bersama istri, Arumi Bachsin yang hadir di Arena Akuatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10).

Emil mengaku bangga dan mengapresiasi usaha yang dilakukan para atlet. Menurutnya, cabor renang dan selam memiliki potensi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional jika dibina melalui pendidikan usia dini dan penggemblengan pencarian bibit bibit unggul.

“Cabang renang dan selam ini sangat potensial bagi kita semua. Jadi kita berharap ini menjadi salah satu cabang olahraga yang terus mendapat atensi. Kita pun dari provinsi juga akan terus memberikan support bagi cabang ini,” ungkapnya.

Di perlombaan cabor selam kolam hari kedua, Janis Rosalita dan kawan-kawan berhasil menambah tiga emas dari nomor kolam, kemarin. Tak cuma itu saja, atlet selam Jatim juga sukses memecahkan dua rekor nasional.

Dari nomo 200 meter surface putri, Janis Rosalita menjadi yang terbaik dan berhak atas medali emas. Dia mencatat waktu 1 menit 33,5 detik. Dara cantik asal Surabaya ini mengungguli Katherina Eda Rahayu (Jawa Barat) dan Daveena (DKI Jakarta).

Kemudian Wahyu Anggoro memperoleh emas di nomor 50 meter surface putra. Dengan catatan waktu 15,77 detik, Wahyu unggul dua detik dari I Kadek Darmawan (Jabar) dan I Putu Sheva Marta Dewa (Bali). Selain meraih emas, Wahyu juga memecahkan rekor nasional milik Bayu Ade Wibowo dari Jakarta (17,46 detik).

Performa luar biasa ditunjukkan Angeline Soegianto di nomor 50 meter surface putri. Peselam 33 tahun ini membukukan waktu terbaik, yakni 19,54 detik. Angel juga memecahkan rekor miliknya di PON XVII 2008, yakni 20,45 detik. Selain ketiga emas itu, tim selam Jatim juga menambah dua perak dan tiga perunggu.

Atas raihan ini, Emil juga mengapresiasi semua kinerja dan usaha para pelatih yang telah mendidik fisik dan mental atlet-atlet unggulan Jatim. “Kami berterimakasih pada para coach yang telah bekerja dengan luar biasa dan teman-teman atlet sekalian. Alhamdulillah semua relatif lancar dan tertangani. Kesejahteraan seluruh atlet pun diawasi dengan baik,” tandasnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top