Sport

Borong Empat Emas, Selam Jatim Perkasa di Hari Pertama

Kontingen selam Jawa Timur memborong empat medali emas, satu perak dan satu perunggu pada hari pertama pertandingan di PON XX/2021 Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Cabang olahraga (cabor) selam mempersembahkan empat medali emas bagi Jawa Timur pada hari pertama pertandingan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Keempat medali emas itu diperoleh dari nomor kolam yang berlangsung di Arena Akuatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tak hanya memborong empat medali emas bagi Jatim. Kontingen cabor selam juga memecahkan satu rekor nasional. Emas pertama direbut Bima Dea Sakti Antono yang turun di nomor 400 meter surface putra. Bima membukukan catatan waktu 3 menit 14,40 detik. Mengungguli Sheva Bima dari DKI Jakarta dan Adrian Fadhilla asal Jawa Barat.

Atlet debutan, Vania Elvira Elent Rahmadani memberi Jatim emas di nomor 400 meter surface putri. Dia mencatat waktu terbaik dengan 3 menit 29,07 detik. Medali perak direbut Oza Feby Mulyani (Jabar) dan perunggu menjadi milik Sahra Hersa Zabrina (Jakarta). Vania bahkan memecahkan catatan waktu milik Angelina Sugianto. Atlet senior asal Jatim ini membukukan catatan waktu 3 menit 30 detik di PON XIX 2016 di Jabar. Vania juga melampaui catatan waktunya di kualifikasi PON Papua dengan 3 menit 34 detik.

“Ini PON pertama saya dan medali emas pertama saya di PON. Emas ini untuk Jawa Timur, kedua orang tua, dan orang-orang yang berperan dalam kehidupan saya selama ini,” ungkap atlet kelahiran Blitar tersebut.

Keperkasaan Jatim berlanjut di nomor 100 meter surface putra dan putri. Atlet Jatim, Petrol Kambey, mencatat waktu terbaik di kelompok putra dengan 36,99 detik. Perak direbut I Putu Bayu A. SAtrio (Jabar). Perunggu disabet I Putu Sheva Marta Dewa (Bali).

Dari nomor 100 meter surface putri, Janis Rosalita merebut emas dengan catatan waktu 99 detik. Seroja Mutiara Abadi (Bengkulu) di posisi kedua dan berhak atas medali perak. Sedangkan Ashifa Helsa Ashuroh (Jawa Tengah) meraih perunggu.

Selain keempat emas ini, Jatim juga menambah satu perak melalui Guntur Pratama Putra di inomor 100 meter bifin putra. Sementara Nadia Kusumawardani merebut perunggu di nomor 100 meter bifin putri. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top