Sport

Tim Sepakbola Jatim Impresif, Rudy Keltjes: Jangan Terlena di Enam Besar

Selebrasi penyerang M. Faisol Yunus setelah menyumbangkan satu gol dari kemenangan 2-0 Jawa Timur atas Sumatera Utara pada laga terakhir grup B ajang PON XX/2021 Papua di Stadion Mahacandra, Jayapura sore ini (4/10). (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Penampilan impresif tim sepakbola Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua berlanjut. Mereka menutup babak penyisihan dengan menjadi juara grup B tanpa tersentuh kekalahan. Jatim mengandaskan perlawanan Sumatera Utara dengan dua gol tanpa balas di Stadion Mahacandra, Jayapura sore ini (4/10).

Jatim yang tampil menekan sejak awal baru dapat menciptakan gol pada menit ke-28′ melalui Rezky Renaldi. Dua menit berselang, Sumut harus bermain dengan 10 orang. Sebab, gelandang Kevin Armedyah mendapat kartu kuning kedua. Keuntungan jumlah pemain ini mampu dimanfaatkan Jatim. Mereka mencetak satu gol tambahan melalui M. Faisol Yunus (80′).

Kemenangan ini membuat pelatih tim sepakbola Jatim Rudy William Keltjes kudu bertindak tegas. Pasalnya, Jatim begitu superioritas di babak penyisihan. Selain menjadi juara grup B setelah meraih tiga kemenangan dengan delapan gol dan belum pernah kebobolan sekalipun.

“Saya tidak mau anak-anak terlena. Jangan sampai lupa diri. Ingat, tujuan kami ke final. Harus diwujudkan,” kata Rudy.

Sejatinya, Jatim berpeluang menambah gol ke gawang Sumut. Terutama ketika Jatim mendapat hadiah penalti pada menit 88. Uniknya, kiper Dicki Agung yang jadi eksekutor. Alhasil tendangannya meluncur di atas mistar gawang. “Saya yang minta kiper jadi eksekutor. Karena sering diasah di latihan. Soal gagal, ya nggak masalah. Messi saja pernah gagal,” jelas Rudy.

Lebih lanjut Rudy mengaku cukup senang mengetahui calon lawan di enam besar. Pada babak enam besar nanti, tim akan dibagi menjadi dua grup. Setiap grup berisi tiga tim. Jatim akan satu grup dengan runner-up grup A dan C.

“Karena jujur kami menghindari bertemu Papua di babak awal. Mereka (Papua) ini tim bagus. Di PON ini, yang kami waspadai cuma Papua saja,” aku pelatih asal Situbondo tersebut. “Saya sudah tahu kekuatan calon lawan di enam besar,” tambah pelatih 69 tahun itu.

Dengan tidak bertemu Papua di enam besar, Jatim bisa bertemu di semifinal atau final. Rudy sendiri optimistis Jatim mampu melewati enam besar. Jatim akan memulai laga babak enam besar pada 8 Oktober nanti. “Siapa pun lawannya, tidak masalah. Intinya, pemain sudah siap,” tandasnya. (fjr)

Jadwal Babak 6 Besar Sepakbola PON XX/2021 Papua
Grup D
Stadion Mandala, Kota Jayapura
6 Oktober 2021, 15:00 WIT
Aceh vs Papua
8 Oktober 2021, 15:00 WIT
Sumatera Utara vs Aceh
10 Oktober 2021, 15:00 WIT
Papua vs Sumatera Utara

Grup E
Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura
6 Oktober 2021, 15:00 WIT
Kalimantan Timur vs Jawa Barat
8 Oktober 2021, 15:00 WIT
Jawa Timur vs Kalimantan Timur
10 Oktober 2021, 15:00 WIT
Jawa Barat vs Jawa Timur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top