Sport

Siapkan Videotron, Jadwal Pertandingan Final Futsal Dimajukan

Antusiasme suporter pada pertandingan cabang olahraga futsal telah membludak sejak semifinal Papua vs Jawa Timur (1/10) kemarin di GOR Futsal SP 2, Kabupaten Mimika. (PB PON/Arifin)

Taktik.id – Animo masyarakat Kabupaten Mimika begitu tinggi menyambut gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Masyarakat berbondong-bondong mendatangi arena pertandingan cabang olahraga (cabor) bola basket, panjat tebing dan futsal. Nah, untuk cabor futsal yang akan menggelar laga final, dimajukan menyusul berbagai pertimbangan teknis.

Pertandingan perebutan posisi 3 dan 4 yang semula digelar pukul 14.00 WIT akhirnya dimajukan menjadi pukul 12.00 WIT. Sementara pertarungan puncak Papua vs Jawa Barat untuk memperebutkan juara dan runner up dijadwalkan mulai pukul 15.00 WIT. Semua laga akan digelar di GOR Futsal SP 2, Kabupaten Mimika besok (3/10).

Perubahan jadwal ini disampaikan Ketua Harian PB PON Papua Sub Mimika Marthen Paiding. Menurutnya, perubahan jadwal pertandingan disepakati dalam rapat koordinasi dengan Polres Mimika, panitia dan masing-masing tim. Hasil rapat itu menyebutkan, salah satu pertimbangan dilakukan penyesuaian jadwal antaralain dengan alasan keamanan.

“Ini sebagai upaya mengeliminir segala kemungkinan terburuk dari membludaknya penonton dalam babak final Futsal,” kata Marthen, Sabtu (2/10) malam.

Dia menyatakan pihak keamanan akan memaksimalkan videotron di empat titik agar warga yang tidak mendapat tempat di venue tetap bisa menyaksikan tim kebanggan mereka. “Videotron di 4 titik yakni Kantor Bupati, Gedung Eme Neme, Pasar Lama, dan Pasar Sentral,” jelasnya.

Ada pun kapasitas venue Futsal dipastikan tidak memungkinkan untuk menampung seluruh penonton yang telah membludak sejak semifinal Papua vs Jawa Timur (1/10) kemarin. Sementara sesuai ketentuan penonton hanya diijinkan 25 persen dari kapasitas gedung, agar dapat menerapkan protokol kesehatan dengan jarak 2 meter antarpenonton.

Marthen menjelaskan jika tiket yang bisa diperoleh secara online dengan kuota sebanyak 60 persen dan offline 40 persen dari kuota penonton yang diijinkan. Dan untuk menghindari kerumunan, penonton diharapkan datang ke venue 1 jam sebelum pertandingan. “Untuk memudahkan pengaturan protokol kesehatan,” pungkasnya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top