Sport

Gegap Gempita Pembukaan PON XX Papua

Para penari khas Papua memeriahkan acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua benar-benar spektakuler (2/10) malam. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Acara opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua benar-benar spektakuler (2/10) malam. Dikemas secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, acara yang berlangsung sangat meriah dan spektakuler bakal membekas di hati masyarakat Papua, khususnya.

Pesta tembakan kembang apinya sangat spektakuler membuat suasana menjadi tambah meriah hingga mewarnai langit Jayapura. Para penari khas Papua keluar diikuti dengan tulisan Selamat Datang Papua. Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Kesederhanaan budaya Papua ditampilkan dengan sangat baik. Bukan hanya tarian dan lagu daerah. Tapi musik kekinian juga ditampilkan. Salah satunya adalah lagu yang sedang hits, Jang Ganggu.

Acara ini tak hanya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Nampak pula para pejabat negara seperti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. Beberapa gubernur masing-masing provinsi peserta PON juga terlihat.

Opening ceremony semakin meriah ketika Joko Widodo turun main bola, itu sangat mengejutkan dan mengharukan. Jokowi sendiri bermain sepak bola dengan salah satu legenda Persipura, Jack Komboy, dan tiga remaja yang berseragam sepak bola. Aksi Jokowi membuat para penonton yang hadir berdiri dan bertepuk tangan.

Aksi Presiden Joko Widodo yang turun bermain sepakbola dengan salah satu legenda Persipura, Jack Komboy, dan tiga remaja yang berseragam sepakbola sangat mengejutkan dan mengharukan. (KONI Jawa Timur)

Jokowi mengaku senang PON akhirnya bisa terselenggara di Papua. Ini menunjukan bahwa warga paling Timur Indonesia juga saudara. Dia juga berharap PON kali ini bisa jadi momen penting. “Kreativitas yang saya lihat di awal (pembukaan) tadi sangat membanggakan,” katanya.

“PON ini merupakan panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON kali ini juga jadi panggung kesetaraan dan keadilan dalam bingkai Indonesia,” sambung Presiden ketujuh RI itu.

Jokowi berharap pada PON kali ini dapat melahirkan atlet-atlet baru dari tanah Papua. Dia juga memastikan pagelaran PON kali ini akan berjalan aman. “Dulu ada Lisa Rumbewas yang merupakan atlet angkat besi. Lalu sekarang ada Boaz Solossa. Saya harap ke depan prestasi itu akan diikuti oleh atlet-atlet asli Papua lainnya,” jelasnya.

“Mari kita semua menunjukan partisipasi agar bisa menjamin keberhasilan PON ke 20 ini,” tambah pria asli Solo itu.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman membenarkan jika banyak yang sempat meragukan saat pertama kali Papua ditunjuk sebagai tuan rumah. Apalagi, sempat ada beberapa kendala dalam pembangunan PON. “Tapi dengan resmi dibukanya PON kali ini, itu menunjukan kalau Papua bisa menepis seluruh keraguan yang ada. Kami membuktikan bahwa semua bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, Gubernur Papua Lukas Enembe senang dengan pagelaran PON kali ini. Dia melihat antusiasme warga begitu besar. Karena itu, sebagai tuan rumah, dia sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menjamu seluruh tamu yang datang. “Kami harap semua betah di Papua. Tapi jika memang ada kekurangan dari tuan rumah, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya,” terang pria yang juga Ketua Umum PB PON tersebut.

Sajian hiburan acara pembukaan PON XX/2021 Papua ditengah pandemi COVID-19 mampu menampilkan kesederhanaan budaya Papua yang disuguhkan dengan sangat baik. (KONI Jawa Timur)

Animo warga memang luar biasa. Dalam opening ceremony, ada 10 ribu penonton yang hadir. Tapi tidak semua bisa masuk dalam venue. Ada beberapa penonton yang sudah memegang undangan tetap berada di luar. Mereka tidak diperkenankan masuk. Itu karena mereka datang setelah pukul 16.00. Padahal setelah pukul 16.00, gerbang stadion sudah ditutup.

Beruntung, PB PON menyiapkan videotron di depan stadion. Keberadaan videotron itu membuat warga yang tidak bisa masuk tetap tenang. Sebab, mereka bisa nonton bareng opening ceremony.

Mereka tetap dapat menyaksikan sejumlah selebriti nasional dan artis Papua yang turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX. Antara lain, Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Tiga penyanyi asal Papua Edo Kondologit, Michael Jakamirelena, dan Nowela, bahkan mengawali rangkaian opening ceremony dengan membawakan lagu “Aku Papua” yang diiringi para penari kolosal berpakaian adat Papua. Sajian pertunjukan hiburan yang berlangsung selama 2 jam menampilkan kebudayaan Papua dari lima wilayah adat, yaitu Mamta, Saireri, Meoago, Lapago dan Animha.

Sementara itu, Boaz Solossa, yang merupakan pemain sepak bola asal Papua, mendapat hak istimewa sebagai pembawa obor dan menyalakan api PON XX 2021. Hingga rangkaian acara usai, warga yang berjubel, mampu dijaga oleh petugas keamanan hingga kondisi tetap kondusif. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top