Sport

Sepakbola Jatim Kunci Tiket Enam Besar

Tim sepakbola Jawa Timur memastikan tiket ke babak enam besar setelah memetik kemenangan 3-0 atas Jawa Tengah pada laga grup B PON XX/2021 Papua di Stadion Mahacandra, Jayapura, (1/10) sore. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Tim sepakbola Jawa Timur kembali memetik tiga poin pada lanjutan laga grup B ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Jatim melibas Jawa Tengah dengan skor 3-0 di Stadion Mahacandra, Jayapura, sore tadi (1/10). Hasil ini menjadi pembalasan kepada Jateng yang menyebabkan Jatim gagal tampil di PON XIX/2016.

Kemenangan ini diraih Jatim dengan tidak mudah. Mereka bahkan sempat mengalami kesulitan. Pasalnya, hingga babak pertama tuntas, skor masih imbang tanpa gol. Semua berubah ketika memasuki menit ke-52. Dimana bek kiri Jateng, Sidang Iskus menerima kartu kuning kedua.

Tampil dengan keunggulan pemain dimanfaatkan betul oleh Jatim. Mereka langsung mencetak tiga gol masing-masing melalui Dian Sasongko (73′), M. Faisol Yunus (75′), dan Rezky Renaldi (84′). Sementara bermain dengan 10 orang malah membuat Jateng oleng.

Meski begitu, pelatih Jatim Rudy Keltjes ogah menyebut kemenangan itu keberuntungan semata. Apalagi dia juga masih merasa kecewa dengan anak asuhnya. Sebab, ini adalah kali kedua Jatim melawan 10 pemain. sebelumnya, di laga perdana menghadapi Sulawasi Selatan (28/9), Jatim juga unggul satu pemain.

“Karena kartu merah itu lahir dari pelanggaran keras terhadap pemain kami. Saya catat ada tiga pelanggaran yang bisa membuat cedera. Itu berbahaya. Jadi wajar kalau lawan dapat kartu merah. Memang, anak-anak kesulitan saat lawan bermain dengan 11 pemain. Ini yang harus kami benahi,” ungkap Rudy usai pertandingan.

Pada laga terakhir, Jatim akan menghadapi Sumatera Utara (4/10). Pertandingan ini sudah tidak menentukan. Sebab, Jatim sudah dipastikan lolos ke enam besar. Meski begitu, Rudy tidak akan melakukan rotasi. “Saya ini tetap rakus kemenangan. Saya tidak mau tim main imbang. Harus menang,” tegas pelatih asal Situbondo tersebut.

Sementara itu, kapten M. Ibnu Hajar tidak menampi kkeunggulan pemain memang jadi kunci kemenangan Jatim. Menurutnya, keunggulan jumlah pemain membuat para pemain tampil lepas. “Setelah unggul jumlah pemain, anak-anak bermain lepas dan sangat enjoy di lapangan. Itu faktor utama kami bisa cetak tiga gol,” katanya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top