Sport

Antusias Warga Mimika Tinggi, Ribuan Suporter Gagal Masuk GOR Futsal

Pintu masuk ke dalam GOR Futsal SP 2, Kabupaten Mimika, Jumat (1/10) dipadati warga yang antusias ingin menyaksikan laga semifinal cabor futsal PON XX/2021 Papua. (Fajar Kristanto/Taktik.id)

Taktik.id – Laga semifinal cabang olahraga (cabor) futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua menarik antusiasme warga Kabupaten Mimika, Jumat (1/10). Laga pertama semifinal mempertemukan Papua melawan Jawa Timur. Ribuan suporter, yang sebagian besar merupakan pendukung tuan rumah tim futsal Papua tertahan dan berdesak-desakan di pintu masuk GOR Futsal SP 2.

Warga yang hendak masuk ke arena futsal tertahan karena petugas dari TNI-Polri memperketat pemeriksaan. Akibatnya, penonton yang hendak masuk tidak tertib dan saling mendorong. Bahkan meluber hingga ke jalan dan sempat membuat arus lalu lintas tersendat. Sementara itu, sebanyak 170 personel gabungan TNI-Polri dilibatkan untuk mengamankan jalannya pertandingan.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius VD Paron Helan tampak berkali-kali memberikan pengarahan kepada massa penonton untuk tertib masuk ke dalam arena GOR Futsal Mimika. Bahkan petugas sempat mengancam akan menutup pintu masuk arena GOR Futsal.

“Khusus untuk pertandingan babak semifinal futsal karena yang bertanding tim tuan rumah Papua maka sesuai atensi pimpinan harus kami perketat penonton yang akan masuk ke arena. Semua harus mengikuti prokes, penonton tidak boleh membawa barang-barang berbahaya ke dalam stadion seperti alat tajam, korek api maupun atribut-atribut lain. Ini semua demi tertibnya penyelenggaraan pertandingan,” jelas Dionisius.

Pihak petugas sendiri hanya mengizinkan penonton masuk ke arena GOR Futsal Mimika bagi yang memiliki tiket yang telah dipesan secara online, menunjukkan kartu identitas KTP dan surat/kartu sudah vaksin COVID-19, menggunakan masker. Sementara anak-anak, ibu hamil dan lansia tidak diperbolehkan masuk.

Panitia penyelenggara PON XX Papua sendiri membatasi jumlah penonton yang masuk ke dalam arena GOR Futsal Mimika maksimal hanya 300 orang. Sesuai kuota yang ditentukan yaitu hanya 25 persen dari kapasitas gedung yang mampu menampung hingga 3.000 orang. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top