Sport

Tim Basket Putri Jatim Bungkam Jateng

Pemain basket putri Jawa Timur mencoba mengumpulkan poin dari tembakan bebas saat melawan Jawa Tengah di laga pertama Grup X pada pertandingan di GOR Mimika Sport Complex, Rabu (29/9). Jatim meraih kemenangan dengan skor 65-51 atas Jateng. (PB PON XX/2021 Papua)

Taktik.id – Tim basket putri Jawa Timur mengawali langkahnya di Grup X ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua dengan mantap. Mereka mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 65-51 pada pertandingan di GOR Mimika Sport Complex, Rabu (29/9).

Kemenangan Jatim tak lepas dari peran Ameilia Ryan Ayu Ardhany dan Adelaide Callista Wongsohardjo yang mencetak dobel-dobel, yaitu (15 poin dan 10 rebound) serta (13 poin dan 12 rebound). Sementara Faizatus Shoimah menjadi top skor dengan membukukan 18 poin. Di kubu Jateng, Dyah Lestari mencetak 23 poin, disusul Nia Titin yang menambahkan 12 poin.

Jatim mendominasi kuarter pertama dengan keunggulan 20-11. Trio Faizzatus Shoimah. Adelaide Callista Wongsohardjo dan Christine Aldora Tjundawan membuat pertahanan juara bertahan kacau. Tapi justru Jatim tidak bisa mempertahankan keunggulan di kuarter kedua. Jateng lebih rajin mencetak poin dengan skor 15-6 di kuarter kedua. Ini membuat kedudukan sama kuat 26-26 saat babak pertama ditutup.

Seperti yang sudah diperkirakan di awal, Jateng bakal memaksimalkan tembakan tripoin. Dari tiga tripon Jateng di kuarter kedua, dua tembakan dicetak oleh Dyah Lestari. Pemain yang sudah dua edisi PON (2016 dan 2021) berada dalam roster Jateng. Dyah memang dikenal sebagai pemain tinggi yang punya akurasi tembakan tajam.

Di kuarter ketiga, Dyah Lestari kembali menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Jatim. Dia mencetak dua kali tripoin yang membuat Jateng memimpin. Tapi beruntung Jatim bisa merebut kembali keunggulan menjadi 43-38 di detik-detik terakhir lewat three point play Faizzatus Shoimah. Kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan Jatim dengan skor 45-38.

Di kuarter keempat terjadi hal yang tidak diinginkan kedua tim. Dyah Lestari dari Jateng mengalami masalah dengan pergelangan kakinya. Semenit kemudian, Faizzatus Shoimah, salah satu andalan Jatim, juga terjatuh di lapangan sembari memegangi pergelangan kaki. Ini membuat kedua tim sama-sama kehilangan satu pemain kuncinya.

Jatim mengunci kemenangan dengan skor 65-51. Untuk sementara, Jatim memimpin klasemen Grup X dengan dua poin. Selanjutnya mereka ditunggu Jawa Barat dan Bali di babak penyisihan. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top