Sport

Jatim Tundukkan Finalis PON 2016

Tim sepakbola Jawa Timur memetik kemenangan 3-0 atas Sulawesi Selatan pada laga perdananya di PON XX/2021 Papua di Stadion Mahacandra, Jayapura, sore ini. (KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Tim sepakbola Jawa Timur memulai kampanye di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua dengan mulus. Mereka menang telak 3-0 atas finalis PON 2016, Sulawesi Selatan, di Stadion Mahacandra, Jayapura, sore ini.

Para pemain Jatim tak gentar dengan status peraih medali perak yang tersemat di tim Sulsel. Bahkan, mereka terus menekan Sulsel sejak menit pertama. Hasilnya, Jatim membuka kemenangan melalui sundulan Dian Sasongko pada menit ke-13. Kemudian, penalti dari M. Faisol Yunus membawa Jatim unggul 2-0.

Keperkasaan Jatim berlanjut di babak kedua. Apalagi permainan Sulsel berantakan setelah bek M. Gymnastiar mendapat kartu kuning kedua. Keunggulan jumlah pemain membuat Jatim menambah gol Airlangga Mutamasiqdina di menit ke-78.

“Saya inginnya juga begitu (menambah gol). Tapi saya kan harus mikir kondisi anak-anak. Saya nggak mau terlalu memforsir mereka,” kata pelatih tim sepakbola Jatim Rudy William Keltjes seusai laga.

Bukan tanpa alasan pelatih kelahiran Situbondo tersebut mengambil keputusan itu. Rudy melihat pertandingan berikutnya yang telah menanti Jatim. Yakni menghadapi Jawa Tengah (1/10) mendatang. Dia menilai Jateng punya kualitas lebih baik ketimbang Sulsel. “Jateng itu identik dengan gaya permainan bagus. Mereka pandai memainkan tempo. Nanti kami akan siapkan antisipasi,” jelasnya.

Hanya saja, Rudy perlu mengantisipasi berkurangnya kekuatan Jatim. Mereka tidak dapat tampil full team lantaran kapten Dimas Sukarno Putra bakal absen setelah mendapat kartu merah.

Kehilangan bek kiri sekaligus kapten jelas mengancam kekuatan lini belakang. Rudy memastikan tidak akan banyak melakukan evaluasi. Menurutnya, hasil positif itu membuat para pemain Jatim makin pede. “Tapi tidak masalah. Kami akan segera pilih penggantinya. Kami siap,” tegasnya.

“Paling hanya soal grogi saja. Tapi itu maklum. Karena tadi itu kan jadi laga perdana. Yang pasti kemenangan ini akan jadi modal bagus buat anak-anak untuk menang menghadapi Jateng,” pungkas pelatih 69 tahun itu. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top