Sport

KONI Jatim Apresiasi Kesiapan Papua Gelar PON XX

Ketua KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung (kiri) berserta rombongan mendapat sambutan tari-tarian selamat datang khas Papua di Bandar Udara Sentani Jayapura. (Humas KONI Jawa Timur)

Taktik.id – Ketua KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung mendukung perjuangan atlet-atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua dengan mendatangi langsung arena. Dia bahkan takjub dengan kesiapan Provinsi Papua menggelar multieven olahraga empat tahunan tersebut.

Erlangga tiba di Jayapura didampingi jajaran KONI Jatim, Kamis (23/9). Rombongan ini disambut dengan meriah oleh penampilan kesenian tradisional asli Papua. Karena itu, dia mengapresiasi sambutan tuan rumah yang dinilainya sangat siap menyelenggarakan pesta olahraga terakbar di tanah air ini.

“Kami mengapresiasi sambutan tuan rumah pada kontingen yang datang dari bandara. Meskipun kontingen yang datang berkali-kali dalam sehari, rombongannya tidak dalam jumlah yang banyak, (tetap) disambut tari-tarian selamat datang. Ada mungkin tadi 30-40 orang, itu luar biasa bagi kami. Bagi kami, ini sangat berkesan dan surprise dengan sambutan yang diberikan,” ungkap Erlangga.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua mampu menjawab segala keraguan dan tantangan yang harus dipersiapkan untuk menggelar PON kali ini. Bagaimana tidak, PON seharusnya digelar pada 2020 lalu. Namun, Indonesia dihantam pandemi COVID-19 sehingga membuat ajang PON ditunda menjadi 2021.

Penundaan ini lantas dimaksimalkan pemerintah Papua untuk mempersiapkan diri secara baik. Pemerintah Papua lantas membenahi infrastruktur sarana dan prasarana untuk mendukung kesuksesan gelaran PON. Hal itu diakui Erlangga. Mulai dari venue, akomodasi, konsumsi, yang mendukung pelayanan pada atlet dan keamanan atlet disiapkan dengan maksimal oleh pemerintah setempat.

Dengan persiapan maksimal yang dilakukan, KONI Jatim mengharap, gelaran PON ini dapat berjalan lancar dan penuh kejujuran. Menurut Erlangga, hal ini diharapkan membuat setiap kontingen dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Secara kesiapan Papua sudah sangat luar biasa dengan keterbatasan yang ada semua tuntas tepat waktu. Termasuk venues sudah standar internasional, lalu konsumsi atlet yang disesuaikan dengan kebutuhan gizinya, sampai penginapan yang layak bagi atlet. Untuk itu kami apresiasi sekali, ini menunjukkan keseriusan tuan rumah untuk menyukseskan PON ini,” ujar mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jatim itu. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top