Sport

Judo Jatim Targetkan Dua Medali Emas di PON XX Papua

Kontigen Jawa Timur cabang olahraga (cabor) judo tiba di Bandar Udara Mozes Kilangin, Mimika, Selasa (21/9), mengusung target dua medali emas di PON XX/2021 Papua. (Fajar Kristanto/Taktik.id)

Taktik.id – Cabang olahraga (cabor) judo Jawa Timur memancang target dua medali emas di Pekan Olahraga XX Papua 2021 yang akan bertanding pada 29 September hingga 3 Oktober 2021. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jatim Yoyok Subagiono saat tiba di Bandar Udara Mozes Kilangin, Mimika, Selasa (21/9).

Yoyok menyebutkan, target dua medali emas itu diharapkan datang dari nomor 45 kg putri dan nomor Kata putra. “Atlet putri kita tim inti SEA Games kemarin, dan hasil seleknas dia yang terbaik. Sementara yang putra grade-nya lebih tinggi daripada yang lain,” sebutnya.

Namun, dia menyadari bahwa nomor Ju no Kata merupakan permainan gerak, di mana penilaiannya cukup subjektif. Maka itu, Jatim seperti halnya daerah lain juga berharap penilaian di nomor ini bisa objektif.

Judo Jatim cukup percaya diri bisa mewujudkan target tersebut, karena persiapan mereka cukup optimal. “Alhamdulillah kondisi anak-anak baik. Tidak ada kendala berarti selama persiapan,” tutur Yoyok.

Saat ini menurutnya yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mental tanding. Karena kemampuan teknis tanpa ditunjang mental tanding yang bagus juga tidak maksimal. Soal peta kekuatan, Yoyok menyebutkan ada tiga daerah yang bisa menjadi pesaing Jatim.

Bukan hanya dua kelas yang diincar, tapi di semua kelas yang dipertandingkan. Adapun ketiga daerah tersebut meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Tapi dia optimistis para atletnya bisa bersaing dengan ketiga daerah tersebut, dan mempunyai peluang sama besarnya dengan atlet ketiga daerah yang akan menjadi kompetitor terberat di PON XX Papua kali ini. “Tradisinya mereka memang bagus di cabor ini. Mereka mempunyai atlet-atlet berkualitas,” pungkas Yoyok. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top