Sport

Antisipasi COVID-19 di PON, Begini Langkah KONI Jatim

Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil. (Fajar Kristanto)

Taktik.id – Empat unit rumah isolasi mandiri dipersiapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur. Hal ini sebagai antisipasi bagi anggota kontingen Jatim yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Penerapan protokol kesehatan bakal dijalankan ketat selama ajang tersebut.

KONI Jatim menyiapkan rumah isoman masing-masing satu unit di empat daerah penyelenggaraan PON Papua. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Rumah-rumah tersebut digunakan untuk perawatan akibat terpapar COVID-19 saat mengikuti ajang olahraga empat tahunan tersebut.

“Kami siapkan empat rumah isoman. Harapan kami semoga semuanya tidak terpakai,” ujar Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil.

Tak hanya rumah isoman, berbagai fasilitas penunjang mulai dari tenaga kesehatan, dokter, tempat tidur, serta 10 tabung oksigen yang digunakan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan juga disediakan KONI Jatim. Menurut Nabil, PON Papua diselenggarakan masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga harus dilakukan langkah-langkah antisipatif untuk pencegahan.

“Kami ada tim kesehatan khusus yang dilibatkan dan memantau mulai awal sampai akhir. Ini tak lepas dari instruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bahwa keselamatan dan kesehatan jadi prioritas. Atlet, pelatih, ofisial, dan pihak-pihak yang terlibat lainnya tak boleh lengah atas bahaya COVID-19 sehingga harus diwaspadai,” ucap Nabil.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan H-2 jelang keberangkatan kontingen wajib telah melakukan vaksin dua kali dan PCR dengan hasil negatif. Kemudian ketika akan bertanding, tiap atlet akan diswab antigen. Kalau hasilnya negatif, boleh bertanding. Begitu pula sebaliknya, jika positif akan dilarang bertanding.

“Kalau PCR hasilnya positif, ya sudah selesai. Meskipun targetnya emas tiga, emas empat, kalau nggak boleh berangkat ya percuma. Inilah yang harus kita waspadai,” tandasnya.

PON Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 yang terbagi menjadi empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika. Setelah melalui tahap registrasi, jumlah total atlet mencapai 7.066 atlet. Dimana para atlet tersebut akan bersaing di 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top