Sport

Kembangkan Pembangunan Sirkuit GBT, Anggarkan Tribun Tampung 2.000 Penonton

Desain Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok Dispora Surabaya)

SURABAYA – Arena sirkuit di Gelora Bung Tomo bakal dipermak. Penambahan fasilitas sirkuit dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center (SSC) itu tengah diusulkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ke Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapekko) Surabaya.

Sejak diresmikan pada 6 Agustus 2010 silam, kawasan ini belum menampakan tanda-tanda layaknya sport center. Suasana tampak sepi dan nyaris tanpa aktivitas. Ramai ketika ada pertandingan sepakbola saja. Padahal kompleks itu tak hanya terdiri atas sebuah stadion utama berkapasitas 50 ribu penonton, namun juga sebuah stadion indoor berkapasitas 10 ribu penonton, dan sebuah masjid.

Kompleks tersebut juga memiliki stadion atletik dan sirkuit. Tetapi sirkuit sepanjang 700 meter berstandar internasional itu dirasa masih kurang lengkap. Saat ini tengah digodok penyempurnaan sirkuit. Diantaranya menambah fasilitas baru, seperti tribun penonton dan paddock untuk setting motor. Jika disetujui, penambahan fasilitas itu dikerjakan pada tahun depan.

Bambang Wijanarko, Kasi Pembangunan Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya, mengatakan tribun penonton dan paddock rencananya dibangun tahun depan. Namun, hal itu bisa batal jika anggarannya belum disepakati Bappeko. “Ini masih rencana dan sedang diusulkan ke Bappeko,” ucapnya.

Sebab, belum terdapat paddock dan tempat duduk penonton. Selama ini, jika ada event balap, penonton hanya melihat dari pembatas pagar sirkuit. Rencananya pembangunan tribun di sisi utara dekat dengan garis start dan menghadap ke selatan. Tribun tersebut diharapkan mampu menampung sekitar 2.000 penonton. Dengan tempat duduk penonton berukuran 90×20 meter.

Sementara paddock untuk tempat setting motor dan tim pembalap akan dibangun di sisi utara tribun. Adanya paddock bisa memfasilitasi pembalap maupun tim yang ikut race. Sebab, saat ini area untuk setting mesin para pembalap berada di ujung.

Tak hanya itu, saat ini juga tengah dibahas site plan baru sirkuit GBT. Yakni, penambahan lintasan kelok baru berbentuk huruf U. Jika lintasan baru tersebut dibangun, panjang sirkuit akan bertambah menjadi 1.200 meter. Hal itu akan membuat sirkuit yang diresmikan dua tahun silam itu lebih berkelas. Sebab, jumlah tikungan bertambah menjadi 11 belokan.

Penulis : Fajar Kristanto
Editor : Fajar Kristanto
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top