Sport

Surabaya Kuasai Cabor Renang Hari Pertama

GRESIK – Para perenang Kota Surabaya tak terbendung pada hari pertama di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI/2019 Jawa Timur yang berlangsung di kolam renang Petrokimia, Kamis (11/7). Kota Pahlawan memimpin perolehan medali cabor renang dengan 8 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

Agung Sulaksono mempersembahkan emas untuk Surabaya pada nomor 400 m gaya bebas putra. Kemudian ada nama William Loekito 100 m yang turun di gaya punggung putra, serta Dylan Siva Latangka (100 m gaya bebas putra). Di sektor putri ada nama Viona Alta Zevina yang terjun di 100 m gaya bebas. Keperkasaan Surabaya dilanjutkan oleh Andi Muhammad Nurrizka F. (200 m gaya ganti perorangan putra) dan Ellen Andrea Sutandar 200 m gaya ganti perorangan putri.

Mereka tak dapat dibendung Kota Malang yang harus puas bertengger di peringkat kedua dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Posisi ketiga menjadi milik Gresik yang merebut satu emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Kabupaten Tulungagung berada di posisi empat setelah mendapat satu emas dan posisi kelima menjadi milik Sidoarjo lewat raihan tiga perak, dan satu perunggu.

Pada hari pertama, ada 12 medali emas yang di perebutkan diantaranya yaitu 400 m gaya bebas putra, 100 m gaya punggung, 400m gaya punggung putri, 100m gaya punggung putri, 200 m gaya kupu-kupu, 200m gaya kupu-kupu putra, 100 m gaya bebas putra, 100 m gaya bebas putri, 200 m gaya ganti peorangan putra, 200 m gaya perorangan putri, 4x 100m bebas estafet putra dan 4x100m bebas estafet putri.

Technical Delegate cabor renang Chusaini Matleq di kolam renang Petrokimia mengatakan untuk hari pertama masih di dominasi oleh perenang-perenang Kota Surabaya. Menurutnya ibukota Jatim itu mempunyai perenang-perenang yang handal.

“Yang ramai itu perebutan posisi kedua karena Kota Malang, Gresik dan beberapa kota lain termasuk Sidoarjo saling berebut. Bahkan, yang paling membanggakan dari 12 nomor hari ini ada delapan rekor baru. Memecahkan Rekor Porprov 2015 lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Chusaini Matleq melihat dari sisi kualitas prestasi mengalami peningkatan. Dia lantas berharap persaingan ketat berlanjut di hari kedua dan ketiga. “Tentunya dari Surabaya itu sudah bisa diprediksi. Nah yang seru itu perebutan posisi kedua, ketiga. Ini masih merata,” tandasnya.

Untuk diketahui jumlah perenang yang mengikuti Porprov VI 2019 sebanyak 183 atlet putra- putri dari 29 kabupaten/kota yang ambil bagian. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top