Sport

Meriahnya Pembukaan Porprov Jawa Timur 2019

LAMONGAN – Sorot lampu laser menerangi Stadion Surajaya, Lamongan malam ini (6/7). Stadion yang juga digunakan sebagai markas klub Persela itu tengah menghelat pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) VI/2019. Ajang olahraga tertinggi di Jatim ini dijadwalkan berlangsung mulai 6-13 Juli 2019.

Sorot lampu laser yang menerangi Stadion Surajaya kian menambah spektakulernya acara pembukaan. Para atlet, ofisial dan kontingen peserta dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Jatim juga terlihat menikmati pertunjukan dan merasa terhibur.

Di awali pertunjukan tari Boran Sewu yang dibawakan 1.500 penari. Para pelajar dari Lamongan tampil rancak dan enerjik di hadapan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, empat Bupati tuan rumah (Lamongan, Gresik, Tuban dan Bojonegoro), pengurus KONI Jatim dan kontingen Porprov VI 2019.

Dengan diiringi gema Sholawat dan gemerlap lampu handphone. Kemudian berlanjut defile atlet dari seluruh peserta 38 kabupaten/kota se-Jatim. Disambung dengan sambutan-sambutan dari Ketua Umum KONI Jawa Timur Oleh Bapak H.Ir. Erlangga Satriagung, Bupati Lamongan H. Fadeli, SH dan dipungkasi oleh Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa sekaligus penyalaan api obor Porprov.

Dalam sambutannya, Erlangga Satriagung menyebutkan tema Porprov kali ini adalah Jawa Timur Menembus Dunia. Ajang ini diikuti 7.818 atlet dan ofisial berjumlah 2.484 orang. Dengan mempertandingkan 525 nomor dari 42 cabang olahraga.

Sementara itu Fadeli berharap atlet-atlet Jatim ajang ini bisa memecahkan rekor nasional maupun dunia. Menurutnya event ini juga bisa mempromosikan potensi-potensi daerah agar lebih tergali. “Sebagai tuan rumah, Lamongan mengandalkan wisata bahari, wisata religi. Kami menyediakan transportasi khusus kepada kontingen untuk menuju ke tempat wisata,” tuturnya. “Kami berharap para atlet dapat meraih prestasi pada Porprov kali ini. Bahkan bisa memecahkan rekor yang ada,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah Indar Parawansa berterimakasih dengan antusiasme warga yang memadati Stadion Surajaya untuk mensukseskan ajang ini. Dia menyebutkan keikutsertaan daerah-daerah pada ajang olahraga terbesar Jatim turut membangun kehidupan olahraga.

“Makanya saya berharap ajang ini bisa membangun persatuan, persaudaraan dan kehidupan olahraga yang menjunjung tinggi sportifitas dan obyektifitas. Dari ajang ini bisa menghindarkan generasi penerus terjerumus dalam narkoba dan hal-hal negatif lainnya,” tegas Khofifah dalam sambutannya. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top