Features

Rekam Jejak Gelandang Asing Persebaya Damian Lizio

Taktik.id – Persebaya Surabaya telah resmi mendapatkan tanda tangan gelandang kelahiran Argentina, Damian Lizio untuk melengkapi slot pemain asing. Mantan pemain River Plate tersebut disodori kontrak dengan durasi selama satu musim.

Kehadiran Damian Lizio dinilai akan memambah kekuatan Persebaya dalam menyambut kompetisi musim 2019. Mengingat pemain kelahiran 30 Juni 1989 tersebut merupakan gelandang berkualitas dan punya rekam jejak yang bagus.

“Lizio menjadi pembelian pemain asing terakhir kami dalam periode transfer saat ini, Semoga dia bisa menambah kekuatan Persebaya,” ungkap Manajer Persebaya, Chandra Wahyudi dalam keterangan yang disampaikan pada laman resmi klub.

Lalu bagaimana mana perjalanan karir Damian Lizio sebelum bergabung dengan Persebaya?

Damian Lizio

Menurut data di laman soccerway, Damian Lizio memulai karir profesionalnya pada musim 2007/2008 bersama salah satu klub besar Argentina, River Plate. Namun ia hanya bertahan selama dua musim bersama tim yang bermarkas di Buenos Aries itu.

Selanjutnya ia hijrah ke Spanyol pada musim 2009/2010 dan bermain di Divisi Segunda bersama Cordoba. Namun karirnya di Negeri Matador hanya berlangsung semusim sebelum akhirnya ia hijrah ke Bolivia dan bergabung dengan Bolivar pada tahun 2011.

Bersama Bolivar, ia bermain selama tiga musim sebelum kembali ke Argentina dan sempat mencicipi atmosfer Liga Kuwait bersama Al Arabi SC. Ia kembali lagi ke Bolivar pada musim 2013/2014 dan mulai bergabung dengan Timnas Bolovia pada Tahun 2014.

Damian Lizio juga tercatat pernah berkarir di Chile bersama O’Higgins. Serta pernah membela klub Serie A Brasil, Botafogo. Ia juga sempat bergabung dengan Oriente Petrolero sebelum kembali ke Bolivar dan akhirnya bergabung dengan Persebaya.

Damian Lizio

Di level timnas, sejak bergabung dengan Timnas Bolivia, ia hampir tidak pernah absen membela La Verde -julukan Timnas Bolivia-, baik di laga persahabatan maupun Copa America. Bahkan ia juga bermain saat kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk Amerika Latin.

Pengalaman membela klub-klub besar ituah yang kemudian membuat Persebaya tertarik memdatangkan Damian Lizio. Selain tentu karena kualitasnya di lapangan, terbukti ia piawai mencetak assist dan gol di klub sebelumnya, bahkan ia mengemas 15 gol bersama Oriente Petrolero.

“Saya terpukau sekali dengan skill dia, dengan kemampuan dia, teknik dia, dan saya bisa baca track record dia main dimana aja. Dia main di klub -klub besar di Amerika Latin, saya pikir cukup alasan bagi saya untuk mengambil dia,” ungkap Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

Tentu, Damian Lizio akan segera diuji kualitasnya dalam waktu dekat. Jika tidak pada putaran kedua Babak 16 besar Piala Indonesia 2018, kemungkinan ia akan diberi kesempatan debut pada turnamen Piala Indonesia 2019.(ryn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top