Sepak Bola

Amido Balde, Predator Anyar Milik Persebaya

Taktik.id – Penyerang asing Persebaya Surabaya, Amido Balde tampil memukau ketika menjalani debutnya bersama Green Force pada pertandingan babak 32 besar Piala Indonesia 2018 melawan Persinga Ngawi beberapa waktu lalu.

Amido mengemas total empat gol dan membantu Persebaya memenangkan pertandingan menghadapi Laskar Alas Ketonggo -julukan Persinga- dengan kedudukan akhir 8 – 0.

Untuk mencetak empat gol tersebut, Amido bahkan tidak mendapat kesulitan sedikitpun. Dengan mudah, ia menggunakan kepalanya untuk menciptakan tiga dari empat golnya ke gawang Persinga.

Amido Balde memang memiliki tinggi badan yang cukup ideal, yakni 1,93 meter, lebih tinggi dari rata-rata penyerang asing yang datang ke Indonesia, Alexandar Rakic (1,82 m) dan Ezechiel N’Douassel (1,88 m).

Amido Balde © Persebaya.id

Namun meskipun punya postur yang cukup tinggi, Amido Balde mengaku tidak punya spesialisasi dalam mencetak gol. Ia akan memanfaatkan semua anggota tubuhnya untuk bisa membobol gawang lawan.

“Buat saya dari kepala, dari kaki, yang penting mencetak gol,” ungkap Amido Balde dalam sebuah wawancara dengan awak media usai laga kontra Persinga.

Ya, Amido Balde memang menjadi asa baru Persebaya sepeninggal David da Silva. Meski laga melawan Persinga sebenarnya belum menjadi ukuran, tapi dengan kondisi fisik yang belum prima, performanya layak diacungi jempol.

Kepergian David da Silva memang sempat membuat Persebaya galau, sebab bomber asal Brasil tersebut menjadi penyumbang gol terbanyak Green Force di Liga 1 2018 dengan 20 gol dari 23 penampilan.

Amido Balde © Persebaya.id

“Amido Balde menurut saya baru kurang lebih satu minggu berada di tim, mencetak empat gol hari ini, itu juga saya pikir membuat suatu harapan buat kita semua,” ungkap Djanur, biasa Djadjang dipanggil.

Bahkan, mantan pelatih Persib Bandung ini meyakini bahwa Amido Balde bisa melebihi David da Silva jika yang bersangkutan kondisi fisiknya semakin bagus seiring dengan berjalannya waktu.

“Saya pikir nanti kalau sudah kondisi fisiknya prima, saya pikir mungkin akan lebih cepat dari David karena dia punya speed,” pelatih kelahiran Majalengka ini meyakini.

Terlepas dari lebih baik atau tidak dari David da Silva, Amido Balde sudah menebar ancaman bagi kontestan Liga 1 sebagai predator anyar yang akan memangsa gawang mereka.(ryn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top